Usulan Perbaikan Pelayanan Rawat Jalan Poliklinik Jiwa Menggunakan Pendekatan Lean Service (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas)
Abstract
Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas menjadi salah satu lokasi rumah sakit yang banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan pemeriksaan. Pertumbuhan jumlah pasien rawat jalan polilinik jiwa RSUD Banyumas berdampak terhadap waktu tunggu pelayanan menjadi lama sehingga pada tahun 2018 Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan belum tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi lokasi pemborosan waktu tunggu yang mempengaruhi lama waktu tunggu pelayanan beserta akar penyebabnya sehingga dapat dilakukan perancangan usulan perbaikan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lean service dengan penarikan akar penyebab masalah menggunakan fishbone diagram dan perancangan usulan perbaikan menggunakan simulasi. Identifikasi dengan Current VSM dari proses pelayanan didapatkan pemborosan waktu tunggu berada pada proses pendaftaran, pemeriksaan, dan proses menunggu obat. Akar permasalahan disebebkan oleh terbatasnya petugas registrasi, lamanya jam buka poliklinik dan petugas racik obat yang sedikit dan banyaknya proses di dalam pelayanan obat. Usalan yang dilakukan dengan menambahkan satu admin pendafaran, membuka jam buka poli lebih awal dan mempercepat proses peracikan obat. Hasil simulasi yang dilakukan juga menunjukkan penurunan jumlah orang yang mengantri sebanyak 192 orang. Desain usulan dapat mempercepat total waktu pelayanan dan meningkatkan persentase process cycle efficiency menjadi 1,926%.
Collections
- Industrial Engineering [2240]