Pengembangan Strategi Bisnis Kuliner Yang Kompetitif Dengan Penerapan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus : Rumah Makan Ayam Bacem Pak Kromo)
Abstract
Bisnis makanan (kuliner) merupakan salah satu bisnis yang dewasa ini berkembang pesat
dan memiliki potensi berkembang yang cukup besar. Sudah banyak pelaku usaha yang
meraup untung dari usaha kuliner ini. Namun tidak sedikit pula pelaku usaha kuliner yang
gulung tikar alias bangkrut, karena strategi pemasaran yang digunakan kurang tepat dan
kualitas pelayanan yang kurang optimal. Selain itu timbul keluhan dari konsumen seperti
ketidakpuasan terhadap pelayanan, kecepatan dalam penyajian, kebersihan ruangan,
kenyamanan tata letak, keramahan para karyawan atau pramusaji, dan fasilitas yang
tersedia di suatu rumah makan. Hal-hal demikian mampu memicu ketidakpercayaan dan
ketidakpuasan terhadap suatu produk/jasa sehingga konsumen menurun. Penerapan Blue
Ocean Strategy (BOS) pada salah satu rumah makan di Yogyakarta yaitu Rumah Makan
Ayam Bacem Pak Kromo diharapkan mampu menghadirkan strategi usulan dalam
pengelolaan bisnis yang baik dalam meningkatkan kepuasan, kepercayaan dan memenuhi
kebutuhan konsumen. BOS digunakan untuk memenangkan pasar yang ada, dimana data
dikumpulkan dari hasil wawancara, observasi dan kuesioner. Berdasarkan metode Blue
ocean dihasilkan 2 usulan strategi bisnis yang dapat digunakan oleh Rumah Makan Ayam
Bacem Pak Kromo dalam memenangkan persaingan bisnis. Usulan pertama yaitu dengan
membuat inovasi penyediaan menu baru dan menambahkan inovasi seperti penambahan
sistem penghargaan kepada pelanggan Rumah Makan Ayam Bacem Pak Kromo.
Collections
- Industrial Engineering [2225]