Hubungan Pendidikan Anak Dalam Kandungan Perspektif Islam Dengan Perspektif Psikologi
Abstract
Pendidikan anak dalam kandungan menjadi point penting untuk keberlangsungan hidup anak yang lebih baik. sehingga butuh peran orang tua yang selalu membersamai anaknya. Seharusnya pendidikan sudah dapat dilakukan ketika anak masih dalam kandungan, tapi pada nyatanya kebanyakan orang tua melakukan pendidikan anak ketika telah lahir ataupun beranjak dewasa. Sehingga karya ilmiah ini membahas mengenai hubungan pendidikan anak dalam kandungan perspektif islam dengan perspektif psikologi yang bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam kandungan perspektif islam dan psikologi serta hubungan keduanya. Karya ilmiah merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pendidikan anak dalam kandungan dalam perspektif islam menganjurkan untuk mencari pasangan yang shalih maupun shalihah, memiliki kesamaan visi dan misi yang kuat untuk memiliki anak yang taat serta patuh kepada aturan Allah SWT. Menjalankan hubungan suami istri dengan syariat islam. Mendo’akan anak dalam kandungan serta melakukan hal-hal positif. 2) pendidikan anak dalam kandungan dalam perspektif psikologi yaitu mempersiapkan fisik dan psikis serta menjaga keseimbangan dengan mengatur pola makan sehat, mengosumsi nutrisi, protein, dan vitamin. Kebiasaan ibu hamil menjadi pengaruh bagi anak dalam kandungan. Memiliki komunikasi baik antara orang tua dan anak dalam kandungan akan mempengaruhi pada perilaku anak kedepannya. 3) hubungan pendidikan anak dalam kandungan antara perspektif islam dan psikologi memiliki kecocokan yang cukup kuat. Prinsip dasar yang harus dimiliki oleh orang tua dalam perspektif islam berkesinambungan dengan perspektif psikologi.
Collections
- Islamic Education [862]