Students-Teacher Relationship dan Self-Regulation pada Siswa Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara students-teacher relationship dan self-regulation pada siswa kelas 5 dan 6 sekolah dasar di Yogyakarta. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas 5 dan 6 sekolah dasar negeri dan swasta di Yogyakarta. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 121 siswa, dengan rentang usia 9-12 tahun yang terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan. Self-regulation merupakan variabel tergantung yang diukur dengan menggunakan skala self-regulation berdasarkan Pintrich dan De Groot (1990). Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini ialah students-teacher relationship yang diukur menggunakan skala yang peneliti modifikasi dari skala students-teacher relationship (Pianta, 1992). Analisis korelasi menunjukkan nilai koefisiensi sebesar r = 1.000 dengan nilai signifikansi (p) = 0.359.
Collections
- Psychology [2192]