Persepsi Guru Terhadap Kebijakan Mutasi Dalam Ruang Lingkup Madrasah Aliyah Negeri Di Kabupaten Sleman
Abstract
Keresahan akhir-akhir ini dialami oleh sebagian guru khususnya di wilayah Sleman dan sekitarnya mengenai kebijakan mutasi. Kebijakan mutasi ditujukan untuk penyegaran dan untuk mendekatkan jarak guru dengan sekolah. Tetapi dalam kebijakannya banyak yang tidak sesuai karena dilapangan masih banyak guru yang ditempatkan jauh dari sekolah bahkan ada juga yang lebih jauh dari sekolah sebelum dimutasi. Kebijakan ini mendapatkan dampak yang cukup berpengaruh di lingkungan sekolah maupun dampak bagi guru yang dimutasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Untuk mengetahui persepsi guru terhadap kebijakan mutasi dalam ruang lingkup Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sleman, 2. Untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan mutasi dalam ruang lingkup Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sleman, 3. Untuk mengetahui hasil pelaksanaan kebijakan mutasi dalam ruang lingkup Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif kualitatif berupa penelitian lapangan. Objek penelitian ini yaitu persepsi guru terhadap kebijakan mutasi dalam ruang lingkup Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sleman. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan mutasi dalam ruang lingkup Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sleman sudah terlaksana sebagaimana semestinya. Tetapi dalam hasil yang sudah diterapkan memang masih banyak guru yang tidak mengetahui akan dimutasi. Seharusnya dari kementrian agama, pihak sekolah dan guru melakukan musyawarah terkait kebijakan mutasi agar terlaksana dengan baik sesuai dengan data yang diperoleh. Permasalahan tersebut menurut peneliti masih batas wajar karena masih banyak hal positif yang didapat ketika dimutasi.
Collections
- Islamic Education [862]