Show simple item record

dc.contributor.advisorMoh. Mizan Habibi
dc.contributor.author12422037 Fitri
dc.date.accessioned2021-05-05T08:32:10Z
dc.date.available2021-05-05T08:32:10Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28586
dc.description.abstractAdanya pandemic Covid-19 berdampak pada pembelajaran di perguruan tinggi yang biasanya dilakukan dengan tatap muka menjadi pembelajaran sistem daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam UII Yogyakarta pada masa pandemic Covid-19 dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam UII Yogyakarta pada masa pandemic Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini adalah dua orang dosen dan sepuluh orang mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UII Yogyakarta. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Triangulasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam UII Yogyakarta pada masa pandemic Covid-19 dilaksanakan berdasarkan SE Rektor UII Yogyakarta tentang kebijakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam UII Yogyakarta dilaksanakan dengan menggunakan media daring seperti Zoom, Google Class Room, WA Group. Pada proses pembelajaran secara daring dosen memberikan materi dan tugas kepada mahasiswa menggunakan media yang telah ditetapkan oleh dosen. Proses interaksi yang terjalin dalam pembelajaran daring masih minim. Capaian pembelajaran dalam pembelajaran daring di Pendidikan Agama Islam UII Yogyakarta hasilnya sama dengan pembelajaran tatap muka, hanya saja kriteria ditetapkan lebih rendah mengingat situasi dan kondisi yang ada dengan adanya pandemic Covid-19. Faktor pendukung adanya dukungan dari pihak kampus UII Yogyakarta dengan menyediakan fasilitas pembelajaran bagi dosen melalui aplikasi pembelajaran berlangganan untuk membuat materi pembelajaran dan kuota internet. Bagi mahasiswa pun diberikan layanan gratis kuota internet dengan layanan provider yang telah ditetapkan, hanya saja tidak semua mahasiswa dapat memanfaatkan layanan kuota gratis tersebut. Faktor penghambat dalam pembelajaran daring adalah sinyal internet yang belum semua mahasiswa dapat mengaksesnya dengan baik. Hal ini dikarenakan mahasiswa banyak yang berada di daerah yang kemungkinan sinyal internet masih terbatas. Hambatan yang ada ini menyebabkan mahasiswa tidak dapat secara penuh mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh dosen secara daring.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectPandemic Covid-19en_US
dc.subjectProdi Pendidikan Agama Islam UII Yogyakartaen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Bagi Mahasiswa di Masa Pendemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM12422037


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record