Show simple item record

dc.contributor.advisorHajar Dewantoro
dc.contributor.author16422085 Iqbal Syahrijar
dc.date.accessioned2021-05-05T02:32:01Z
dc.date.available2021-05-05T02:32:01Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28552
dc.description.abstractKesenjangan dalam dunia pendidikan tentu menjadi perhatian bagi para elemen baik kalagan akademisi maupun masyarakat umum, dengan maraknya isu kriminalitas, moral yang rusak, serta kekerasan seksual telah mewarnai media massa diera modern saat ini. Menyadari kondisi tersebut perlu adanya evaluasi serta solusi yang kongkrit dan berkelanjutan. Dalam hal ini, SMA UII bisa dijadikan sarana untuk memberikan penananman nilai keislaman di dalam diri peserta didik. Hal ini Alhamdulillah telah dilaksanakan di SMA UII Yogyakarta. Oleh karena itu tujuan terbesar dari peneitian ini berusaha mengkonsepkan dan mengetahui hasil internalisasi nilai nilai islam di SMA UII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA UII yogyakarata. Peneltian ini dilakukan berbagai metode analisis baik dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti mengolah data sehingga di tarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Konsep penerapan metode pembiasaan yang di terapakan di sekolah SMA UII dalam menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai keislaman kepada pesrta didik supaya mengerti dan memahami agar berguna dikehidupan sehari hari. Hal ini bertujuan mengembangkan ajaran islam dan memberi kesempatan untuk membiasakan diri baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Adapun nilai yang diinternalisasikan di SMA UII Sholat Dzuhur berjamaah yang mana mengandung nilai nilai Bersih, Ramah, Disiplin, dan Islami atau bisa disingkat (BRADIS), Tahsin, hafalan, dan berdoa. 2. Faktor yang melatar belakangi proses internalisasi metode pembiasaan di SMA UII ada dua yaitu faktor lingkungan dan faktor keluarga Setiap metode pasti ada bentuk kelemahan yang menghambat dalam proses pelaksanaannya. Kendala hanya ada diri siswa dan lingkungan hal ini akan sangat berpengaruh besar terhadap internalisasi nilai keislaman yang ada di SMA UII.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectnilaien_US
dc.subjectpembiasaanen_US
dc.subjectkeislamanen_US
dc.titleInternalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dengan Metode Pembiasaan Pada Kelas XII Di SMA UII Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16422085


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record