Efektivitas Pembelajaran Berbasis Google Classroom Dalam Mata Kuliah Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang adanya aplikasi Google Classroom sebagai media E-learning yang sering digunakan di PAI UII. Dari berbagai manfaat yang ada, aplikasi Google Classroom juga memiliki kelemahan, diantaranya baik mahasiswa maupun dosen belum mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini dengan maksimal. Hal tersebut yang mendasari penulis melakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom di PAI UII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan aplikasi Google Classroom di program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis deskriptif kuantitatif. Lokasi dari penelitian ini adalah di Program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia, dengan responden penelitiannya adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Aqidah Akhlak yang tersebar dalam 4 (empat) kelas yaitu kelas A,B,C,dan D. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu efektivitas pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan aplikasi Google Classroom. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang pengambilan datanya disebarkan kepada responden secara online menggunakan Google Form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yaitu menggunakan persentase dan deviasi standar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran Aqidah Akhlak di PAI UII tahun pelajaran 2019/2020 dikatakan cukup efektif menggunakan aplikasi Google Classroom yang dapat dilihat dari hasil analisis data penelitian menunjukkan sebesar 25,2% mahasiswa menyetujui pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan Google Classroom dinilai efektif, 64,3% menilai cukup efektif, 10,5% menilai kurang efektif, dan tidak ada mahasiswa yang menilai tidak efektif.
Collections
- Islamic Education [862]