Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Darmadji
dc.contributor.author16422042 Sania Natasa
dc.date.accessioned2021-05-04T04:52:36Z
dc.date.available2021-05-04T04:52:36Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28521
dc.description.abstractProblem kemerosotan moral akhir-akhir ini menjangkit sebagian generasi muda. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik dan juga fasilitator di sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan generasi muda yang berkarakter dan berkualitas. Terlebih untuk menghadapi krisis moral, guru PAI memiliki peran utama untuk memberikan bimbingan dan pemahaman Islam secara menyeluruh agar membuka wawasan peserta didik. SMP Negeri 4 Pakem sebagai pelaksana program penguatan pendidikan karakter memiliki peran yang besar dalam menumbuhkan karakter peserta didik. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dan apa saja kendala yang dihadapi dalam upaya penguatan pendidikan karakter untuk menumbuhkan perilaku religius tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1. mendeskripsikan peran guru PAI dalam upaya penguatan pendidikan karakter untuk menumbuhkan perilaku religius peserta didik SMP Negeri 4 Pakem, 2. Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam upaya penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu peran guru PAI dalam upaya penguatan pendidikan karakter untuk menumbuhkan perilaku religius peserta didik SMP Negeri 4 Pakem. Penentuan informan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. guru PAI SMP Negeri 4 Pakem memiliki beberapa peran di antaranya, informator, organisator, motivator, pengarah, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator, evaluator. 2. Kendala yang dihadapi guru PAI yaitu kurang sinkronnya kebiasaan siswa di lingkungan sekolah dengan lingkungan rumah, dan masih ditemukannya guru PAI yang belum menguasai IT.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeran Guru PAIen_US
dc.subjectPenguatan Pendidikan Karakteren_US
dc.subjectPerilaku Religiusen_US
dc.titlePeran Guru PAI Dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Menumbuhkan Perilaku Religius Peserta Didik SMP Negeri 4 Pakem Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16422042


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record