User Experience Game Edukasi Menggunakan Metode Child Centered Design (Studi Kasus Game Petualangan Doni)
Abstract
Pada tingkat konvensional yaitu pada usia 10-13 tahun, seharusnya anak dapat
berperilaku baik dan memelihara tata aturan sosial tertentu demi tata aturan itu sendiri.
Pahlawan dan kategorinya sangat penting untuk diketahui oleh anak. Dengan mengetahui
para pahlawan, anak dapat meningkatkan rasa nasionalisme, menghormati jasa pahlawan, dan
menanamkan sikap-sikap kepahlawanan. Namun kenyataannya berdasarkan hasil wawancara
terhadap Guru dan Orang Tua, anak Sekolah Dasar kelas 4- 6 yaitu pada anak usia 10-12
tahun masih belum terlalu memahami pahlawan dan kategorinya. Menurut Guru dan orang
tua, rasa nasionalisme pada anak juga masih kurang. Materi pelajaran sejarah yang diberikan
guru mengenai pahlawan juga dirasa kurang karena sistem kurikulum 2013 yang Tematik
yaitu membagi pelajaran ke dalam tema-tema.
Dari hasil observasi kepada anak Sekolah Dasar yang dilakukan pada Game Petualangan
Doni yang telah dibuat oleh penulis pada aplikasi Game Maker yang berbasis dekstop dalam
bentuk prototype, yaitu Game Petualangan Doni, game tersebut masih belum memenuhi
aspek usability. Misalnya pada aspek satisfation, masih terdapat fitur yang membuat
pengguna kurang nyaman seperti jawaban terlihat menumpuk. Pada aspek efficiency, struktur
tombol menu utama kurang jelas dan tidak berurutan, dan lain-lain. Melihat aspek usability
yang belum terpenuhi, maka game tersebut perlu dikembangkan dari segi user experience.
Untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini, maka akan digunakan metode Child
Centered Design (CCD) untuk perancangan user experience dan elements of user experience
untuk tahap pembuatan rancangannya. Setelah user experience dikembangkan, maka user
experience yang telah dihasilkan melalui prototype game akan bisa diukur dari tingkat
usability melalui metode pengujian untuk usability. Metode pengujian yang dilakukan yaitu
dengan menggunakan System Usability Scale (SUS).
Setelah melakukan rekapitulasi penghitungan, Game Petualangan Doni ini
mendapatkan skor 84 dari 10 responden. Berdasarkan pada penentuan grade rangking skor
SUS menurut Sauro pada bab dua, maka game ini telah dinyatakan acceptable menurut
acceptibility. Menurut percentile range, game ini berada di atas rata-rata yaitu dengan angka
90-95%. Menurut grade, game ini mendapat nilai A. Menurut adjective, game ini mendapat
nilai excellent. Sedangkan untuk NPS, skor SUS game ini dinyatakan sebagai promoter.
Collections
- Informatics Engineering [2148]