Show simple item record

dc.contributor.advisorArrie Kurniawardhani
dc.contributor.authorFaridz Fajar Nugroho
dc.date.accessioned2021-04-27T09:14:39Z
dc.date.available2021-04-27T09:14:39Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28383
dc.description.abstractIndonesia memiliki beragam kebudayaan salah satunya rumah adat. Namun saat ini pembelajaran tentang rumah adat masih banyak yang menggunakan buku dan browsing di internet. Sehingga membatasi ruang gerak untuk melihat keseluruhan bentuk rumah adat dan membuat masyarakat tidak maksimal dalam menyerap informasi bagian-bagian dari rumah adat. Saat ini kita membutuhkan metode yang dapat menunjang minat belajar tentang rumah adat sekaligus untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Aplikasi ini bekerja dengan cara menggabungkan 3 dimensi rumah adat dalam dunia virtual dengan gambar marker dunia nyata yang ditangkap oleh kamera smartphone pengguna. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini berupa studi pustaka, analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, pembangunan aplikasi, dan pengujian aplikasi. Pembangunan aplikasi dilakukan dengan metode marker augmented reality di mana informasi mengenai rumah adat akan ditampilkan secara realtime ke dunia nyata dengan cara membaca marker yang telah disediakan dan selanjutnya akan diterjemahkan menjadi rumah adat dalam bentuk 3 dimensi. Aplikasi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah aplikasi mobile berbasis Android. Agar dapat mencapai hasil yang optimal, maka dilakukan pengujian terhadap aplikasi dengan cara menguji kompatibilitas aplikasi pada berbagai macam perangkat Android dan menguji apakah aplikasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna dengan metode pengujian User Acceptance Testing (UAT). Pada pengujian kompatibilitas dari segi tampilan diperoleh bahwa aplikasi sudah dapat berfungsi dengan baik pada beberapa smartphone sesuai dengan hasil yang diharapkan. Meskipun masih terdapat beberapa kelemahan yaitu, sistem kurang responsive pada smartphone yang memiliki hardware lebih rendah. Pada pengujian UAT penulis menggunakan kuesioner dengan likert scale skala lima. Hasilnya, para responden dari sisi guru 88% setuju dari segi manfaat dan 88% setuju dari segi tampilan. Sedangkan dari responden masyarakat umum 93,2% setuju dari segi manfaat dan 94,4% setuju dari segi tampilan. Jadi secara keseluruhan aplikasi pembelajaran rumah adat sudah baik dari segi manfaat dan tampilan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subject3 dimensien_US
dc.subjectAndroiden_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectMarkeren_US
dc.subjectRumah Adaten_US
dc.titlePembelajaran Rumah Adat Menggunakan Teknologi Augmented Realityen_US
dc.Identifier.NIM13523046


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record