dc.description.abstract | Indonesia memiliki beragam kebudayaan salah satunya rumah adat. Namun saat
ini pembelajaran tentang rumah adat masih banyak yang menggunakan buku dan
browsing di internet. Sehingga membatasi ruang gerak untuk melihat keseluruhan
bentuk rumah adat dan membuat masyarakat tidak maksimal dalam menyerap informasi
bagian-bagian dari rumah adat. Saat ini kita membutuhkan metode yang dapat
menunjang minat belajar tentang rumah adat sekaligus untuk melestarikan kebudayaan
Indonesia. Aplikasi ini bekerja dengan cara menggabungkan 3 dimensi rumah adat
dalam dunia virtual dengan gambar marker dunia nyata yang ditangkap oleh kamera
smartphone pengguna.
Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini berupa studi pustaka,
analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, pembangunan aplikasi, dan pengujian
aplikasi. Pembangunan aplikasi dilakukan dengan metode marker augmented reality di
mana informasi mengenai rumah adat akan ditampilkan secara realtime ke dunia nyata
dengan cara membaca marker yang telah disediakan dan selanjutnya akan
diterjemahkan menjadi rumah adat dalam bentuk 3 dimensi. Aplikasi yang
dikembangkan dalam penelitian ini adalah aplikasi mobile berbasis Android.
Agar dapat mencapai hasil yang optimal, maka dilakukan pengujian terhadap
aplikasi dengan cara menguji kompatibilitas aplikasi pada berbagai macam perangkat
Android dan menguji apakah aplikasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna
dengan metode pengujian User Acceptance Testing (UAT). Pada pengujian
kompatibilitas dari segi tampilan diperoleh bahwa aplikasi sudah dapat berfungsi
dengan baik pada beberapa smartphone sesuai dengan hasil yang diharapkan. Meskipun
masih terdapat beberapa kelemahan yaitu, sistem kurang responsive pada smartphone
yang memiliki hardware lebih rendah. Pada pengujian UAT penulis menggunakan
kuesioner dengan likert scale skala lima. Hasilnya, para responden dari sisi guru 88%
setuju dari segi manfaat dan 88% setuju dari segi tampilan. Sedangkan dari responden
masyarakat umum 93,2% setuju dari segi manfaat dan 94,4% setuju dari segi tampilan.
Jadi secara keseluruhan aplikasi pembelajaran rumah adat sudah baik dari segi manfaat
dan tampilan. | en_US |