Validasi Ide Startup “Auctentik” Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Pada tahun 2025 generasi Millenials dan Gen Z akan menguasai pasar terutama untuk
barang branded atau barang hypebeast. Namun, permasalahan yang sering ditemukan adalah
sulitnya menemukan barang hypebeast tersebut dikarenakan mahal dan kelangkaan produk
tersebut yang di jual di pasar. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengembangkan suatu online
platform berbentuk mobile apps yang akan akan mempertemukan penjual dan pembeli dengan
segment pasar yaitu barang hypebeast. Metode design thinking adalah metode yang digunakan
dalam penelitian ini karena dapat membantu proses penelitian dengan berbagai sudut pandang
untuk mempertimbangkan sebuah keputusan. Melalui tahap emphatize, define, ideate, prototype,
hingga testing, didapatkan hasil berupa gagasan ide, konsep, dan model bisnis dengan diagram
BPMN dalam pengembangan startup yang diberi nama Auctentik. Gagasan ide tersebut berupa
target pasar, penentuan platform online berbasis mobile app dengan kategori barang yang dijual,
system pembayaran, hingga proses validasi yang dilakukan oleh para expert dan calon pengguna.
Collections
- Informatics Engineering [2148]