dc.description.abstract | Buku kumpulan tulisan ini adalah sebuah ikhtiar kecil untuk memotret dan merefleksikan bagaimana pendidikan Islam mendefinisikan dan memposisikan dirinya secara dialektis di tengah, atau dalam menghadapi berbagai tantangan dan isu yang dihadapinya dalam lingkup yang cukup luas, namun dapat disederhanakan ke dalam tiga irisan besar yaitu irisan isu-isu keislaman, keindonesiaan, dan kesejagatan (mondialitas). Tiga irisan isu ini sengaja diangkat dalam buku ini dengan kesadaran bahwa tiga irisan isu inilah yang secara teoritik dan de facto sekaligus saat ini dihadapi oleh pendidikan islam, khususnya di Indonesia. setidaknya itulah yang dipahami oleh Universitas Islam Indonesia, dimana para penulis buku ini menjadi bagian dari civitas akademikanya, yang sejak awal berdiri telah menjadikan nilai keislaman, keindonesiaan dan kesejagatan (mondialitas) sebagai nilai-nilai Inti atau religius dan basis identitasnya. Di atas tiga nilai inti dan basis identitas inilah, UII memiliki komitmen menegakkan nilai-nilai keislaman dengan menterjemahkan pesan pesan Suci wahyu ilahi, berkontribusi untuk bangsa Indonesia dengan cara terlibat aktif mencerdaskan masyarakat dan menjaga keterhubungan secara Mondial dengan melibatkan diri dalam aktivitas aktivitas di Kancah internasional guna menjawab isu isu kemanusiaan global.
Untuk memudahkan pembaca, tulisan-tulisan dalam buku ini dikelompokkan kedalam tiga bagian utama titik bagian pertama buku ini, pendidikan Islam era disrupsi dan tantangan Global, berisi tulisan-tulisan yang mencoba mendiskusikan tantangan-tantangan Global dunia pendidikan Islam di era disrupsi, era yang ditandai oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban manusia termasuk dalam teknologi komunikasi dan informasi yang telah, sedang, dan akan terus menggoncang berbagai tatanan yang sudah mapan. meskipun dibingkai dalam topik yang beragam bagian pertama ini secara umum menghadirkan perspektif terkait berbagai tantangan Global pendidikan Islam dari sejumlah sudut pandang. bagian kedua buku ini, pendidikan Islam, keIndonesiaan dan moderasi beragama, berisi tulisan-tulisan yang secara khusus memotret pesan dan tantangan pendidikan Islam di Indonesia dalam upaya membangun dan merawat nilai-nilai keindonesiaan dan moderasi beragama dalam konteks kehidupan bangsa Indonesia yang multi agama multietnik dan multikultur. dalam bagian ini sejumlah perspektif dihadirkan terkait isu isu penting pendidikan Islam dan keIndonesiaan. bagian ketiga dan terakhir buku ini, Inovasi dan pengembangan pendidikan Islam terdiri dari tulisan-tulisan yang lebih difokuskan pada berbagai aspek Inovasi dan pengembangan pendidikan Islam bagian ini menghadirkan beragam perspektif yang terkait berbagai upaya peningkatan kualitas dan pengembangan pendidikan Islam dalam isu-isu spesifik di berbagai aspek dan level yang saling terkait. | en_US |