dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara
kontrol diri dan perilaku bullying di sekolah. Hipotesis dari penelitian ini adalah
bahwa ada hubungan negatif antara kontrol diri dan perilaku bullying di sekolah.
Sampel penelitian ini adalah SMK 1 Sine, Tulakan, Ngawi kelas XI jenis kelamin
laki-laki dan perempuan yang berjumlah 80 siswa. Untuk mengukur perilaku
bullying penelitian ini menggunakan skala dari Shaw, Dooley, Cross, Zubrick, &
Waters (2013) yang telah dimodifikasi. Sedangkan untuk kontrol diri
menggunakan skala kontrol diri dari Septia (2014) yang telah dimodifikasi.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan rank Spearmen SPSS 16 for
Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang
signifikan antara kontrol diri dan perilaku bullying di sekolah (r = - 0,277, p =
0,007. | en_US |