Nilai Keaktifan Tutorial Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Angkatan 2016
Abstract
Performa mahasiswa dalam diskusi tutorial merupakan aspek
utama, yang memiliki persentase penilaian sebesar 70% sedangkan tes tertulis
(minikuis) memiliki persentase sebesar 30% dari keseluruhan nilai tutorial. Faktorfaktor
yang mempengaruhi kurangnya keaktifan mahasiswa dalam diskusi tutorial
diantaranya yaitu: mahasiswa, tutor, skenario, fasilitas, proses pembelajaran, isi
pembelajaran, penjadwalan. Dari tujuh faktor tersebut, yang memiliki persentase
paling banyak yaitu faktor mahasiswa sebanyak 28,41%. Mahasiswa harus dapat
menentukan tujuan belajar mereka, kemudian mencari cara yang dapat dilakukan
untuk mencapai tujuan belajar tersebut, termasuk didalamnya strategi dan pendekatan
belajar yang harus diterapkan, sumber pembelajaran yang bisa digunakan, dan apa
saja kemungkinan yang dapat menghambat keberhasilannya dalam mencapai tujuan
belajar. Mahasiswa dapat menerapkan pendekatan belajar berupa deep approach dan
surface approach. Pendekatan belajar akan berpengaruh terhadap pencapaian belajar
mahasiswa, salah satunya yang dapat dinilai dengan keaktifan tutorial.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara
pendekatan belajar deep approach dan surface approach dengan nilai keaktifan
tutorial pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UII angkatan 2016.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional yang melibatkan 157
subjek. Penelitian dilakukan dengan mengambil data primer menggunakan kuesioner
dan data sekunder berupa nilai keaktifan tutorial. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan uji Spearman.
Hasil: Uji statistik menunjukkan terdapat korelasi positif yang tidak bermakna antara
pendekatan belajar dengan nilai keaktifan mahasiswa Fakultas Kedokteran
Universitas Islam Indonesia dengan nilai p 0,304 (p>0,05) dan koefisien korelasi (r)
0,083.
Kesimpulan: Pendekatan belajar tidak memiliki korelasi yang signifikan terhadap
nilai keaktifan tutorial mahasiswa FK UII angkatan 2016.
Kata Kunci: Pendekatan belajar, Nilai keaktifan, Keaktifan tutorial, Mahasiswa
kedokteran
Collections
- Medical Education [2279]