Show simple item record

dc.contributor.advisorMiftahul Fauziah
dc.contributor.authorIndra Febryawan
dc.date.accessioned2021-03-24T08:01:49Z
dc.date.available2021-03-24T08:01:49Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27784
dc.description.abstractRuas Jalan Kabupaten Magelang km 11 sampai dengan km 12,5 merupakan jaringan jalan primer penghubung antara Provinsi Yogyakarta dengan Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Secara visual di sepanjang jalan ini dapat dijumpai permukaan jalan telah mengalami kerusakan berupa retak – retak, tambalan, gelombang dan lain – lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perkerasan saat ini berdasarkan nilai Pavement Condition Index (PCI) dan nilai Road Condition Index (RCI) kemudian dilakukan usulan program penanganan sesuai permen PU No 13 tahun 2011. Prosedur pengukuran di lapangan untuk nilai PCI menggunakan alat meteran untuk mengetahui luasan kerusakan dan pengelompokkan tingkat kerusakan kemudian dianalisis dengan standar FAA (1987). Nilai IRI diperoleh dengan melakukan pengujian alat roughometer. Nilai RCI diperoleh berdasarkan hasil korelasi dengan nilai IRI yang dianalisis menggunakan 3 model persamaan yaitu Sukirman (1999), Paterson (1986) dan Al Omari (1994). Berdasarkan estimasi nilai International Roughness Index (IRI) kemudian dilakukan analisis untuk menentukan kondisi dan kelayakan serta jenis perbaikan yang dibutuhkan sesuai permen PU No 13 Tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai PCI Jalan Kabupaten Magelang 3,5% berada pada rating gagal-jelek, 26,5% berada pada rating sedang dan 70% berada pada rating baik-sangat baik dengan didominasi jenis kerusakan tambalan (patching) dengan rata – rata density 10,38% dan 6,05% untuk arah sebaliknya. Nilai IRI pada arah Yogyakarta – Magelang didominasi kondisi baik dengan persentase 63,33% ≤ rating 4, sedangkan pada arah Magelang – Yogyakarta didominasi kondisi baik dengan persentase 96,67% ≤ rating 4. Nilai RCI dengan model persamaan Al Omari (1994) pada arah Yogyakarta – Magelang didominasi kondisi cukup dengan persentase 40%, sedangkan pada arah Magelang – Yogyakarta didominasi kondisi cukup dengan persentase 93,33%. Program penanganan kondisi jalan untuk ke dua arah dengan analisis permen PU No 13 Tahun 2011 yaitu perlu dilakukan pemeliharaan rutin/berkala.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKerusakan Jalanen_US
dc.subjectPerkerasanen_US
dc.subjectPCIen_US
dc.subjectRCIen_US
dc.subjectIRIen_US
dc.titleEVALUASI KONDISI PERKERASAN JALAN BERDASARKAN NILAI PCI DAN RCI PADA RUAS JALAN MAGELANG KM 11 - KM 12,5 DI KABUPATEN MAGELANGen_US
dc.Identifier.NIM10511152


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record