Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Darmadji
dc.contributor.authorAchmad Rezqi
dc.date.accessioned2021-03-24T07:54:28Z
dc.date.available2021-03-24T07:54:28Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27783
dc.description.abstractPendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran di SMP Al Khairiyyah. Mata pelajaran ini memegang peranan cukup penting dalam kurikulum SMP Al Khairiyyah. Tujuan diajarkan mata pelajaran PAI adalah membekali siswa dengan pengetahuan agama islam. Nilai yang diperoleh siswa mencerminkan prestasi belajar. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah kreativitas guru dalam mengajar. Berdasarkan komentar guru dalam proses pembelajaran masih dijumpai guru mata pelajaran PAI dalam menyampaikan materi masih monoton, yaitu melalui metode ceramah, memberi catatan, dan latihan-latihan untuk dikerjakan siswa. Selain itu, guru juga kurang kreatif seperti halnya masih belum sepenuhnya memanfaatkan media belajar yang tersedia di sekolah. Hal tersebut tentunya juga mengakibatkan prestasi belajar yang dicapai siswa belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru mengajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Al Khairiyyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Al Khairiyyah kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 100 siswa. Berdasarkan hal tersebut, berhubung keseluruhan siswa kelas VII berjumlah 100 siswa, maka dalam penelitian ini seluruh objek penelitian ikut diteliti, karena itu penelitian ini disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru mengajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP Al Khairiyyah tahun ajaran 2016/2017. Ditunjukkan dari hasil analisis regresi sederhana didapatkan F hitung> F tabel (32,548>4,13), dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (p<0,05), dengan besarnya pengaruh sebesar 24,2%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKREATIVITAS GURU MENGAJARen_US
dc.subjectPRESTASI BELAJARen_US
dc.subjectMATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMen_US
dc.subjectSISWA KELAS VII SMP AL KHAIRIYYAH KOTA TEGALen_US
dc.titlePENGARUH KREATIVITAS GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP AL KHAIRIYYAH KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2016/2017en_US
dc.Identifier.NIM10422048


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record