ANALISIS PANGSA PASAR BANK SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pangsa Pasar Bank Syariah Di
Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor keuangan
yang mempengaruhi pangsa pasar Bank Syariah di Indonesia periode Januari 2011
sampai Desember 2015. Model analisis yang digunakan adalah model Data Panel,
dengan menggabungkan antara data time series dan data cross section Januari
2011 sampai Desember 2015 yang bersumber dari Otoritas Jasa Keuangan, Bank
Indonesia dan data Bank Syariah. Pengujian statistik yang digunakan meliputi uji t,
uji F dan R-square (koefisien determinasi) serta uji asumsi klasik yaitu uji
Normalitas, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas, dan Autokorelasi.
Hasil penelitian dari Uji F menunjukkan bahwa DPK, NPF, BOPO, ROA,
ROE, FDR dan CAR secara bersama-sama berpengaruh terhadap pangsa pasar
Bank Syariah di Indonesia. Sementara dari Uji t diketahui bahwa pada Bank
Umum Syariah, variabel DPK dan ROE berpengaruh secara parsial terhadap
pangsa pasar Bank Syariah. Sementara variabel NPF, BOPO, ROA, FDR dan
CAR tidak berpengaruh terhadap pangsa pasar Bank Syariah di Indonesia.
Sementara itu pada Unit Usaha Syaiah DPK, ROE dan FDR berpengaruh terhadap
pangsa pasar Bank Syariah, sementara variabel lain tidak berpengaruh terhadap
pangsa pasar Bank Syariah di Indonesia.