Pengaruh Pelatihan Service Operation Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Karyawan Wahana Pt. X Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan Service Operation
terhadap peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal karyawan wahana
PT. X Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
rancangan unreated control group design with pretest and posttest. Sebanyak 8
subjek dari terlibat dalam penelitian pelatihan komunikasi interpersonal ini,
dengan rincian 4 subjek pada kelompok kontrol dan 4 subjek pada kelompok
eksperimen. Pelatihan Komunikasi Interpersonal diadakan selama satu hari
dengan waktu 7 jam efektif. Pengukuran keterampilan komunikasi interpersonal
karyawan dengan menggunakan skala modifikasi dari Interpersonal
Communication Competence yang disusun oleh Rubin and Martin (1994). Aspek
dari keterampilan komunikasi interpersonal adalah self disclosure, empathy, social
relaxation, assertiveness, interaction management, altercentrism, expressiveness,
supportive, immediacy, environmental control. Analisis data menggunakan Mann
Whitney U Test, hasilnya tidak ditemukan erbedaan yang signifikan sebelum dan
sesudah dilakukannya perlakuan dengan nilai of Z = -1.162 dan signifikasi of
0.343 (P <0.05).
Collections
- Master of Psychology [349]