PENINGKATAN KUALITAS STATISTIK PRODUK SECARA KONTINU DENGAN METODE DMAIC (Studi Kasus: Produksi Kayu Lapis di Perusahaan ‘X’)
Abstract
Perkembangan teknologi di Indonesia membuat dunia industri semakin mampu menghasilkan berbagai macam produk kebutuhan manusia. Persaingan dalam dunia industri juga semakin meningkat, setiap perusahaan berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sebuah produk harus diproduksi dengan proses yang stabil. Perusahaan ‘X’ adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kayu lapis. Masalah yang terjadi pada perusahaan ini adalah adanya penyimpangan atau kerusakan pada produksi kayu lapis. Jika proses produksi dilakukan terus menerus tanpa adanya perbaikan-perbaikan maka akan semakin banyak menghasilkan produk cacat yang menyebabkan semakin banyak biaya produksi yang harus ditanggung dan kerugian yang semakin besar. DMAIC merupakan suatu pendekatan yang terbukti untuk mengurangi defect (kecacatan) dan meningkatkan kualitas dengan berkesinambungan. Analisis dilakukan dengan bantuan DPMO, histogram, diagram pengendali-p, diagram pengendali x̅ R, indeks kapabilitas, dan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dari hasil analisis tersebut didapatkan level kualitas perusahaan adalah 3,55 sigma dengan 20.000 DPMO, proses belum berjalan dengan baik dan dua variabel penyebab cacat produk adalah lebar kayu dan tebal kayu. Perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan lebih mengawasi dan memperhatikan pengukuran lebar dan tebal kayu untuk mengurangi produk cacat serta mengurangi variasi pada produk.
Collections
- Statistics [903]