Show simple item record

dc.contributor.advisorSiti Achiria
dc.contributor.authorAsmayantika
dc.date.accessioned2021-03-18T06:13:43Z
dc.date.available2021-03-18T06:13:43Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27687
dc.description.abstractPola perilaku konsumsi masyarakat yang tidak sesuai pada prinsip konsumsi Islam saat ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang terjadi seperti bermewah-mewahan, israf, tabzir dan terlalu mempertimbangkan prestise yang jauh dari nilai-nilai Islam. Oleh karena itu diperlukan edukasi kepada masyarakat tentang perilaku konsumsi terutama konsumsi dalam perspektif Islam. Di Dusun Tepus Wetan memiliki populasi dan religiusitas yang tinggi. Agar perilaku konsumsi di masyarakat terhindar dari dampak negatif kondisi ekonomi maka diperlukan pola perilaku konsumsi dengan menanamkan prinsip-prinsip konsumsi secara islami sehingga dalam kegiatan konsumsi tidak hanya mendapat keuntungan materil juga sekaligus merasakan kepuasan spiritual. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat atau mengetahui seberapa besar pengaruh syariah, kuantitas, syariah dan sosial terhadap perilaku konsumsi islami. Penelitian ini dilakukan di Dusun Tepus Wetan Desa Surodadi Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang Jawa Tengah dengan jumlah sampel yang kemudian peneliti kelompokkan menjadi 75 responden berdasarkan Rumus Slovin. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji Goodness of Fit melalui koefisien regresi ( ), uji simultan (F), dan uji parsial (t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip konsumsi Islam, kuantitas, prioritas dan sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi islami, dengan demikian hipotesis terbukti. Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap perilaku konsumsi Islami adalah variabel prinsip konsumsi Islam. Secara simultan diketahui bahwa nilai probabilitas dan signifikansinya 0.000 < 0,05 yang artinya variabelprinsip konsusi Islam, kuantitas, prioritas dan sosial secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumsi Islami di Dusun Tepus Wetan. Berdasarkan nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,80 memiliki arti bahwa 80% perilaku konsumsi Islami di Dusun Tepus Wetan dijelaskan oleh variabel prinsip konsumsi Islam, kuantitas, prioritas dan sosial dan 20% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPrinsip Konsumsi Islamen_US
dc.subjectKuantitasen_US
dc.subjectPrioritasen_US
dc.subjectSosialen_US
dc.subjectPerilaku Konsumsi Islamen_US
dc.titlePENGARUH PRINSIP KONSUMSI ISLAM, KUANTITAS, PRIORITAS DAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMSI ISLAMI WARGA DUSUN TEPUS WETAN DESA SURODADI KECAMATAN CANDIMULYO MAGELANGen_US
dc.Identifier.NIM13423084


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record