PENGARUH PROKRASTINASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS VIII PUTRI DI MTs SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan adalah prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dapat menunjukkan tingkat keberhasilan seseorang setelah melakukan proses belajar dalam melakukan perubahan dan perkembangannya. Suatu proses belajar tentunya berkaitan dengan prokrastinasi yaitu menunda-nunda suatu tugas. Selain itu, proses belajar juga berkaitan dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Prokrastinasi dan Lingkungan terhadap Prestasi Belajar kelas VIII putri MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel yaitu variabel dependen yang merupakan Prestasi Belajar dan variabel Independen berupa Prokrastnasi dan Lingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian Siswa kelas VIII Putri MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling dan proportional sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang dan untuk jumlah populasinya sendiri ada 290 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui, observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Dimana angket sebagai teknik pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Observasi digunakan untuk menggali data – data yang dengan mudah diamati secara langsung mengenai hal berkaitan dengan prestasi belajar siswa MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai hal – hal tertentu terutama peninggalan tertulis, arsip – arsip dan sebagaimana yang berkaitan dengan subyek yang diteliti, yaitu siswa MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pengaruh Prokrastinasi dan Lingkungan terhadap Prestasi belajar kelas VIII Putri MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Kemudian dalam pengujian regresi diperoleh R square sebesar 0,644 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh Prokrastinasi dan Lingkungan terhadap prestasi belajar, yaitu sebesar 64,4%.
Collections
- Islamic Education [862]