STUDI KORELASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELUARGA DAN DI SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA-SISWI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Studi Korelasi Pelaksanaan
Pendidikan Agama Islam di Keluarga dan di Sekolah terhadap kecerdasan
spiritual (SQ) siswa-siswi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 5 Sleman,
Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan
data menggunakan angket. Responden dari penelitian ini adalah siswa-sisiwi
MAN 5 Sleman Yogyakarta yang berjumlah 196 yang terbagi tiga jurusan yakni
IPA, IPS dan Keagamaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi
product moment dengan menggunakan program bantu SPSS 21 For Windows
Program.
Temuan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara
pendidikan agama islam di keluarga, pendidkan agama islam di sekolah dengan
kecerdasan spiritual sebesar 0,841. Sumbangan efektif terhadap kecerdasan
spiritual sebesar 70,7% .
Collections
- Islamic Education [862]