Show simple item record

dc.contributor.advisorMuzhoffar Akhwan
dc.contributor.authorNuril Hidayah
dc.date.accessioned2021-03-18T03:01:33Z
dc.date.available2021-03-18T03:01:33Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27676
dc.description.abstractDi era globalisasi seperti saat ini pendidikan agama sangat penting untuk dipelajari, karena agama merupakan pedoman hidup untuk menghadapi dampak negatif dari kemajuan di era globalisasi. Pendidikan agama yang diberikan di sekolah formal dengan jumlah yang sangat minim, yaitu dua jam pelajaran dalam satu minggu, dengan terbatasnya waktu tersebut maka perlu ditambah dengan pendidikan non formal yaitu salah satunya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ketika mereka mengikuti kegiatan TPA mereka akan mendapatkan tambahan ilmu tentang agama yang mana sebelumnya belum pernah didapatkan di sekolah formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD Negeri Megulung Lor, Pituruh, Purworejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari jumlah populasi yang ada. Jumlah dari sampelnya adalah 53 orang. Pengumpulan datanya menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22.00 for widows untuk menjawab rumusan masalah yang diajukan peneliti. Adapun uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji regresi linier sederhana (Fhitung = 14.091 > Ftabel = 6,97). Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa bimbingan TPA berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Dari hasil perhitungan juga diperoleh bahwa besarnya kontribusi bimbingan taman pendidikan Al-Qur’an terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 21,3 %. Nilai tersebut terlihat dari besarnya R Square, yaitu sebesar 0,213. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan TPA menjadi salah satu faktor penting keberhasilan siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBimbinganen_US
dc.subjectPendidikan Agamaen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH BIMBINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI MEGULUNG LOR, PITURUH, PURWOREJOen_US
dc.Identifier.NIM13422116


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record