TEKNIK PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN IBADAH SHALAT BERJAMA’AH SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) YOGYAKARTA 1
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih ditemukanya peserta didik yang bermalas-malasan menjalankan shalat berjama’ah yang disebabkan karena kurangnya kesadaran akan pentingnya shalat berjama’ah. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk mengetahui bagaimana teknik guru fiqih dalam meningkatkan ibadah shalat berjama’ah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik pembelajaran dan hasil yang dicapai guru fiqih dalam meningkatkan ibadah shalat berjama’ah dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan ibadah shalat berjama’ah di Madrasah Aliyah Negri (MAN) Yogyakarta 1.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang teknik pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan ibadah shalat berjama’ah di madrasah aliyah negeri (man) yogyakarta 1. penelitian ini menggunakan jenis penelitian riset lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu peneliti melakukan penelitian langsung di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi lokasi informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan selain menjalankan tata tertib yang ada di sekolah guru fiqih juga menjalankan beberapa kegiatan yang mendukung untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik akan pentingnya shalat berjama’ah. Hasil yang di capai dari proses teknik pembelajaran yang di lakukan guru fiqih untuk meningkatkan ibadah shalat berjama’ah di MAN Yogyakarta 1 yaitu sangat baik bisa dilihat dari keaktifan siswa MAN Yogyakarta 1 dalam melaksanakan sholat berjamaah dzuhur dan duha di madrasah. faktor pendukung 1. Lingkungan yang islami 2. Kerja sama yang baik antara bapak/ibu guru dan staf sekolah 3. Masjid yang permanen. Sedangkan faktor penghambat 1. Kurangnya kesadaran peserta didik dalam beribadah 2. Kurangnya waktu istirahat 3. Sarana dan prasarana.
Collections
- Islamic Education [862]