Show simple item record

dc.contributor.advisorHujair A.H Sanaky
dc.contributor.authorAgus Setyono
dc.date.accessioned2021-03-18T02:27:18Z
dc.date.available2021-03-18T02:27:18Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27672
dc.description.abstractPembelajaran akan optimal apabila siswa tidak hanya menerima materi begitu saja, akan tetapi siswa harus aktif mencari dan menemukan pengetahuanya sendiri, sehingga diharapkan prestasi belajarnya akan meningkat. Akan tetapi pembelajaran yang sering dijumpai di sekolah tidak sesuai dengan tujuan belajar tersebut, sehingga perlu penerapan strategi PAIKEM. Pemilihan strategi PAIKEM, karena PAIKEM merupakan salah satu strategi yang dapat meningkatkan aktifitas, kreatifitas, serta dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga dengan menerapkan strategi PAIKEM diharapkan akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi PAIKEM terhadap prestasi belajar siswa MTs N 6 Sleman Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian Siswa kelas VII MTs N 6 Sleman Yogyakarta. teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling dan proportional sampling, dengan sampelnya adalah kelas VII A-VII E dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang dan untuk jumlah populasinya sendiri ada 166 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adlah dengan menggunakan metode observasi dan angket. Dimana angket sebagai teknik pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Observasi digunakan untuk menggali data-data yang dengan mudah diamati secara langsung mengenai hal berkaitan dengan prestasi belajar siswa MTs N 6 Sleman Yogyakarta sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data tentang pengaruh strategi PAIKEM terhadap prestasi belajar siswa MTs N 6 S leman Yogyakarta. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sendiri yaitu telah ditemukan pengaruh strategi PAIKEM terhadap prestasi belajar sebesar 71,6% dan sisanya 28,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang terdiri dari faktor Internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek fisiologis (Kondisi umum jasmani) dan aspek psikologis yang terdiri dari, tingkat kecerdasan atau intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, dan minat siswa. Kemudian untuk faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan dan faktor instrumental. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Kemudian dalam pengujian regresi diperoleh R square sebesar 0,716 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi PAIKEM terhadap prestasi belajar, yaitu sebesar 71,6%en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi PAIKEMen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs N 6 SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.Identifier.NIM13422088


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record