Show simple item record

dc.contributor.advisorNanang Nuryanta
dc.contributor.authorAnggit Hadi Prasaja
dc.date.accessioned2021-03-18T02:07:24Z
dc.date.available2021-03-18T02:07:24Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27669
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan e-learning berbasis Google Classroom terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Tahun 2013 – 2016. Subjek Penelitian (responden) adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Tahun 2013 – 2016. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional stratified random sampling diperoleh sampel sebanyak 121 mahasiswa dari populasi 604 mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23 for windows. Temuan penelitian menunjukkan bahwa e-learning berbasis Google Classroom berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 2,878, koefisien regresi (b) sebesar 0,257, nilai signifikansi (p) sebesar 0,005 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,06 atau 6% yang dapat diartikan bahwa 6% motivasi belajar dipengaruhi oleh e-learning berbasis Google Classroom, sedangkan sisanya sebesar 94% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectE-learningen_US
dc.subjectGoogle Classroomen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA TAHUN 2013 – 2016en_US
dc.Identifier.NIM13422065


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record