Show simple item record

dc.contributor.advisorImam Mudjiono
dc.contributor.authorRista Dwi Novelinda
dc.date.accessioned2021-03-18T02:00:40Z
dc.date.available2021-03-18T02:00:40Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27668
dc.description.abstractPembelajaran Pendidikan Agama Islam mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Akan tetapi kenyataannya bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam baru menyentuh pada ranah kognitif yaitu sebatas pada penguasaan materi saja. Maka pembentukan sikap peserta didik merupakan aspek yang tidak kalah pentingnya. Proses pendidikan bukan hanya membentuk kecerdasan dan memberikan keterampilan akan tetapi juga membentuk dan mengembangkan sikap agar anak berperilaku sesuai dengan norma – norma yang berlaku dimasyarakat. Permasalahan pada penelitian ini adalah tentang bagaimana pembelajaran afektif yang diterapkan di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran afektif di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dengan menggunakan latar di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, diantaranya kepala sekolah SMP Negeri 9 Yogyakarta, guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 9 Yogyakarta, guru Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai wakil Kurikulum di SMP Negeri 9 Yogyakarata. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan pengecekan derajat kepercayaan penemuan hasil penelitian beberapa teknik pengumpulan data dan pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama. Hasil penelitian ini ditegaskan bahwa Implementasi Pembelajaran afektif di SMP Negeri 9 Yogyakarta dengan menerapkan pembiasaan-pembiasaan kurang lebih 31 program, diantaranya : Salaman Pagi, Tadarus Al-Qur’an serta program hafal juz amma sebelum masuk kelas, Berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran usai, Puasa Senin Kamis, Shlat jama’ah Dhuhur dan Ashar di sekolah, Shalat Jum’at di sekolah, Sholat Dhuha di Sekolah, Memberi salam ketika bertemu pendidik, tenaga kependidikan, teman sejawat diluar jam pelajaran, Baki sosial, Pesantren Ramadhan, Latihan Qurban, Kajian Ahad Pagi, Semutlis, Selalu berlaku jujur, membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, memungut sampah yang tercecer, peserta didik yang beragama islam wajib berbusana muslim, kuku bersih, rambut pendek dan rapi, literasi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPembelajaran Afektifen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTAen_US
dc.Identifier.NIM13422058


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record