PENGARUH METODE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI di MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran TGT ( Teams Game Tournament) terhadap minat belajar siswa pada pemebelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 4 Sleman.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas XI MAN 4 Sleman. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah sebanyak 60 siswa. Sampel diambil sebanyak 30% dari jumlah populasi kelas XI. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data yang digunakan adalah uji regsresi linear sederhana dengan mennggunakan SPSS versi 23 for windows.
Temuan penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh nyata (signifikan) antara variabel TGT (X) terhadap variabel minat belajar (Y). Adanya pengaruh yang nyata (signifikan) antara variabel TGT (X) terhadap variabel minat belajar (Y). Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,291, koefisien regresi (b) sebesar 373 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,025 ( p < 0,05 ) dan koefisien determinasi ( R2) sebesar 0,079 % yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (metode TGT) terhadap variabel terkait (minat belajar) adalah sebesar 0,079%, sedangkan sisanya 92,1 % dipengaruhi oleh variabel yang lain, yang bersumber dari faktor internal dan eksternal seorang anak.
Collections
- Islamic Education [864]