Show simple item record

dc.contributor.advisorJunanah
dc.contributor.authorNisa Havidza
dc.date.accessioned2021-03-18T01:28:02Z
dc.date.available2021-03-18T01:28:02Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27663
dc.description.abstractMTs N 6 Sleman mempunyai program unggulan yaitu program tahfidz.. Sebagaimana sekolah Islam yang lain, MTs N 6 Sleman juga mengajarkan bahasa Arab sebagai mata pelajaran wajib. Melihat hubungan yang besar antara Al Quran dengan bahasa Arab, maka program menghafal di MTs N 6 Sleman juga berpotensi dalam mempengaruhi minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Minat belajar bahasa Arab antara siswa yang tidak menghafal Al Quran berbeda dengan yang menghafal Al Quran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kemampuan Menghafal Al Quran (Tahfidz) terhadap Minat Belajar Bahasa Arab di MtsN 6 Sleman Tahun 2016-2017 Subjek Penelitian (responden) adalah siswa kelas VIII (program Tahfidz) mahasiswa di MTs N 6 Sleman Tahun 2016-2017. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 73 siswa dari populasi 97 siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versi 24 for windows. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghafal Al Quran (Tahfidz) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar Bahasa Arab. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 12,647, koefisien regresi (b) sebesar 1,080 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 69,3 yang dapat diartikan bahwa 69,3 % minat belajar bahasa Arab dipengaruhi oleh Hafalan Al-Qur’an (Tahfidz), sedangkan sisanya sebesar 31 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini Pengaruh variabel Hafalan Al Quran ( Tahfidz ) (X) dengan variabel Minat Belajar (Y) adalah sebesar 69% yang ditunjukkan dari nilai R2 = 69,3 yang menyatakan bahwa ada sedangkan sisanya (31%) dipengaruhi oleh variabel yang lain yang diantaranya adalah faktor fisik, psikologis, waktu, tempat, dan faktor sosial seperti guru dan teman sebaya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.subjectHafalan Al-Qur’anen_US
dc.subjectTahfidzen_US
dc.titlePENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN (TAHFIDZ) TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTs N 6 SLEMAN TAHUN 2016 - 2017en_US
dc.Identifier.NIM13422014


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record