PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS IKLAN DI MEDIA TV (Studi Iklan Parfum di Media TV)
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum konsumen akibat
kerugian yang ditimbulkan pelaku usaha iklan. Mengingat masih adanya hakhak
konsumen yang dilanggar oleh pelaku usaha iklan. Rumusan masalah yang
dikemukakan yaitu:Bagaimana perlindungan hukum konsumen atas iklan di
media tv? Penelitian ini termasuk ke dalam tipologi penelitian hukum yuridis
normatif dengan menerapkan pendekatan perundang-undangan. Penelitian
dimulai dengan mengkaji perundang-undangan, penelitian lapangan dengan
teknik wawancara, dan studi keperpustakaan untuk mengetahui data dan fakta
tentang perlindungan hukum kepada konsumen. Hasil yang didapat dari
penelitian ini adalah bahwa masih kurangnya perlindungan hukum terhadap
konsumen akibat iklan di media tv. Selain itu masih ada pelaku usaha yang
membuat iklan secara berlebihan. Secara umum baik dari pihak KPI sudah
melakukan kewajiban mereka untuk mengawasi berbagai penyiaran di media
tv,baik penyiaran tentang iklan maupun yang lainnya, namun seringkali pelaku
usaha tetap membuat iklan yang terkadang terlalu berlebihan yang dapat
menimbulakn kekecewaan dan kerugian terhadap konsumen.
Collections
- Law [2314]