NARSISTIK DAN HARGA DIRI PADA MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara narsistik
dan harga diri pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang menggunakan
media sosial Instagram. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Skala Self-Esteem Inventory {SEI; Coopersmith (Susanti, 2012)} dan skala
Narcissistic Personality Inventory (NPI; Raskin & Terry, 1988). Kedua skala
tersebut diberikan kepada mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi
Universitas Islam Indonesia sebanyak 173 responden. Metode analisis pada
penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara narsistik dan
harga diri, dengan menunjukkan r = 0,210 dan nilai signifikansi p = 0,003
(p<0,05). Dengan demikian adanya hipotesis hubungan positif antara narsistik
dan harga diri diterima. Pada laporan dibahas pula tentang kelemahan dan
saran-saran.
Collections
- Psychology [2173]