PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING DENGAN FAKTOR KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Mahasiswa di Yogyakarta)
Abstract
Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna ponsel terbesar di
dunia, yang mana jumlah ponsel lebih besar dari jumlah penduduknya. Hal ini
membuat bank-bank berlomba-lomba untuk berusaha memberikan layanan
terbaiknya kepada nasabah, salah satunya melalui layanan mobile banking.
Penelitian ini menguji apakah variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan
penggunaan dan social influence memiliki pengaruh tidak langsung terhadap
minat penggunaan mobile banking melalui kepercayaan sebagai variabel mediasi.
Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan layanan mobilebanking
di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian
sebelumnya dengan menggunakan model TAM. Data yang digunakan berupa data
primer yang berupa kuesioner yang disebarkan pada tahun 2017. Sebanyak 200
kuesioner diproses menggunakan SPSS versi 17.0. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan social influence (X4) berpengaruh positif signifikan terhadap
persepsi kegunaan (X1) dan persepsi kemudahan penggunaan (X2), dimana
persepsi kegunaan (X1) dan persepsi kemudahan penggunaan (X2) berpengaruh
positif signifikan terhadap kepercayaan (X3). Dan kepercayaan (X3)berpengaruh
positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking(Y).
Collections
- Akuntansi [4444]