“PENGARUH PRAKTIK LANGSUNG, PERSEPSI PENGETAHUAN PENGAJAR, KINERJA YANG DIHARAPKAN, USAHA YANG DIHARAPKAN, DAN SIKAP TERHADAP PERSEPSI HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN ERP DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA”
Abstract
Skripsi ini menyajikan sebuah penelitian tentang hasil pembelajaran (student-perceived learning outcome) pada mata kuliah ERP pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Dalam penelitian ini terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi hasil pembelajaran mahasiswa yaitu variabel praktik langsung (hands-on learning), persepsi pengetahuan pengajar (perceived instructor knowledge) , usaha yang diharapkan (effort expectancy) , kinerja yang diharapkan (performance expectancy) dan sikap (attitude) . Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari 5 variabel tersebut terhadap hasil pembelajaran ERP.
Penelitian ini melibatkan mahasiswa aktif yang telah mengambil dan lulus mata kuliah ERP pada prodi Akuntansi, Manajemen dan Teknik Industri di Universitas Islam Indonesia. Sebanyak 140 sampel kuesioner yang digunakan untuk melakukan analisis lebih lanjut. Kuesioner penelitian ini diadopsi dari Alshare & Lane (2011) dan Chen et al. (2015) sedangkan analisis dilakukan menggunakan metode regresi berganda dengan menggunakan software SPSS versi 20. Terdapat 1 variabel dependen dan 5 variabel independen dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa 5 variabel independen yang diuji dapat diterima. Hal ini dikarenakan 5 variabel tersebut mempunyai pengaruh yang sangat besar di dalam proses pembelajaran ERP. Penelitian ini merupaka penelitian komprehensif tentang pembelajaran ERP dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bahan pengajaran untuk mendapat hasil yang maksimal.
Collections
- Akuntansi [4414]