Implementasi Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Rumah Belajar Kagem Jogja, Desa Sardonoharjo, Sleman, Yogyakarta
Abstract
Metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah
pembelajaran. Banyak metode pembelajaran yang biasa diterapkan di pendidikan
formal seperti sekolah dasar, namun berbeda dengan pembelajaran di pendidikan
nonformal seperti di Rumah Belajar Kagem Jogja. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial, dengan fokus pembahasan yaitu dasar pertimbangannya dan apa metode
yang dominan digunakan di Rumah Belajar Kagem jogja, desa Sardonoharjo,
Sleman Yogyakarta.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan subjek dalam penelitian ini adalah: Pendiri Rumah Belajar Kagem
Jogja, Ketua bagian Pendidikan, dan 6 orang relawan aktif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. adapun objek penelitian ini adalah metode
pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial. Observasi dan wawancara sebagai teknik
pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan
mulai dari tanggal 5 September sampai dengan 30 Desember 2016.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pemiliha metode yang
ingin diterapkan tentu harus ada pertimbangan yang jelas dan matang, agar tidak
terjadi kesalahan dalam memilih metode pembelajaran. kemudian setelah
dilakukan penelitian di Rumah Belajar Kagem Jogja ada beberapa dasar
pertimbangan pemilihan metode pembelajaran, yaitu: karakteristik materi
pembelajaran, ketersediaan sarana pembelajaran, kemampuan dasar siswa, dan
alokasi waktu pembelajaran. kemudian ada dua metode yang menonjol dan
dominan digunakan, yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab untuk mata
pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dua metode tersebut cukup efektif ketika
diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Rumah Belajar
Kagem Jogja.
Collections
- Islamic Education [864]