Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underprice Saham Pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Jakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji tentang " Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underprice Saham Pada Perusahaan Go Publik di Bursa Efek Jakarta (2000-2005) ". Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang diperkirakan menjadi penyebab underpricing. Faktor-faktor yang diperkirakan tersebut adalah reputasi Underwriter, Umur Perusahaan, ROA, Financial Laverage, Persentse Saham yang ditawarkan pada Publik, Skala/ Ukuranperusahaan, Market!Kondisi Pasar.
Sampel penelitian dilakukan terhadap data skunder yaitu berupa perusahaan yang melakukan !PO yang listing di Bursa Efek Jakarta tahun 2000- 2005 dan mengalami underprice. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria tersebut sebanyak 48 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda, selain itujuga digunakan asumsi klasik untuk menghindari terjadinya bias. Asumsi klasik tersebut antara lain autokerelasi, multikolinearitas dan heteroskedastisits. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F atau secara silmultan dan uji t atau secara parsial.
Hasil penelitian menunjukakna bahwa skala/ukuran perusahaan secara parsial saja yang berpengaruh terhadap tingkat underprice sedangkan variabel lainnya tidak terbukti secara signifikan atau tidak berpengaruh terhadap tingkat underprice.
Collections
- Akuntansi [4399]