Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Etika Bisnis Mahasiswa Akuntansi
Abstract
Penelitian ini berjudul PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP ETIKA BISNIS MAHASISWA AKUNTANSI. Penelitian ini
dilatarbelakangi apakah proses dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi secara langsung atau tidak langsung akan melatih kecerdasan emosional dan juga etika pada mahasiswa akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap etika bisnis mahasiswa akuntansi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan survei yaitu menyebarkan kuesioner langsung pada responden sedangkan peneliti menunggui responden dalam menjawab kuesioner tersebut.
Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda, sebelurn analisis tersebut dilakukan uji asumsi klasik untuk mengetahui apakah model tersebut dapat digunakan sebagai dasar analisis regresi yang bebas dari bias. Pada penelitian ini menggunakan uji simultan (uji F ) dan uji parsial (uji t ) karena ada dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap etika bisnis mahasiswa akuntansi secara simultan dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap etika bisnis mahasiswa akuntansi secara parsial.
Collections
- Akuntansi [4399]