Hubungan Antara Besar Lingkar Kepala Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar
Abstract
: Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang
dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai
yang diberikan oleh guru. Banyak hal yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya
tumbuh kembang otak. Tumbuh kembang otak dapat dilihat dari volume otak yang dapat
diinterpretasikan baik atau tidak petumbuhan dan perkembangannya dari besar lingkar
kepala.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara besar lingkar kepala dengan prestasi belajar pada anak
usia sekolah dasar.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional (non-eksperimental)
dengan rancangan studi cross sectional. Penelitian akan dilakukan pada anak kelas 5 SD
Negeri Keputran 1 yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas 5A, 5B dan 5C dengan total jumlah
siswa 97 orang. Seluruh siswa akan diambil besar lingkar kepala dan nilai rapor semester
akhir yang telah diikuti. Selanjutnya data siswa yang telah memenuhi kriteria inklusi akan
dianalisis statistik menggunakan chi-square.
Hasil: Pada penelitian ini analisis statistik tidak menggunakan chi-squre karena tidak
memenuhi syarat sehingga analisis statistik menggunakan Fisher test. Dari uji Fisher
didapatkan nilai 0,191 untuk 2-sided (two tail) dan 0, 551 untuk 1-sided (one-tail). Kedua
hasil uji Fisher tersebut bernilai p>0,05 dimana hal tersebut menunjukan tidak terdapat
hubungan antara besar lingkar kepala dengan prestasi belajar pada anak usia sekolah dasar.
Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara besar lingkar kepala dengan prestasi belajar pada
siswa kelas 5 SD Negri Keputran 1.
Collections
- Medical Education [2281]