Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah terhadap Layanan Internet Banking di Semarang: Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan nasabah terhadap layanan internet banking di Semarang dengan menggunakan Model Penerimaan Teknologi!Technology Acceptance Model (TAM) Davis yaitu, persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan persepsi kemudahan (perceived ease of use) dengan sepuluh variabel tambahan: personalisasi (personalization), aliansi jasa (alliance services), kefamiliaran tugas (task fami liarity), kemampuan akses (accessibility), kualitas argumen (argument quality), kredibilitas sumber (source credibility), kompatibilitas (compatibility), keinovatifan teknologi (technology innovativeness), kepercayaan (trust), pelatihan (training) .
Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah antar satu variabel yang diteliti mempunyai hubungan yang signifikan atau tidak terhadap variabel lain. Dalam penelitian ini ada tujuh be/as hipotesis yang akan di uji. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan metode analisis dengan Model Analisis SEM (structural equation model) yang menggunakan bantuan program AMOS versi 6.0.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persona/isasi (personalization), aliansi jasa (alliance services), kefamiliaran tugas (task familiarity), kualitas argumen (argument quality), kredibilitas sumber (source credibility), kompatibil itas (compatibility), keinovatifan teknologi (technology innovativeness), kepercayaan (trust) berpengaruh signifikan terhadap persepsi marifaat (perceived usefulness) dan kefami/iaran tugas (task familiarity), kemampuan akses (accessibility), keinovatifan teknologi (technology innovativeness), kepercayaan (trust) berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan (perceived ease of use) serta persepsi marifaat dan persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan layanan itu.
Collections
- Akuntansi [4435]