Show simple item record

dc.contributor.advisorSusastrawan
dc.contributor.authorEndro Prasetyo
dc.contributor.authorAzis Susanto
dc.date.accessioned2021-02-23T01:11:50Z
dc.date.available2021-02-23T01:11:50Z
dc.date.issued1998
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27214
dc.description.abstractTerdapat lebih kurang 25.000 jernbatan dan bangunan pelintas lainnya pada jalan-jalan Nasional/Propinsi di Indonesia, dan lebih dari 60.000 jembatan lagi terletak pada jalan Kabupaten/Kotarnadya atau pada jalan lokal lainnya. Beberapa diantara jembatan tersebut tua, sempit dan direncanakan untuk lalu­ lintas ringan. Sebagian yang lain, karena suatu alasan tidak mampu mernikul beban sesuai dengan standar pembebanan yang berlaku sekarang. Hal ini terjadi pada jembatan-jembatan yang dibangun sebelum tahun 1985 dirnana jembatan di ijinkan dibangun dengan berdasarkan pembebanan 50 % dan 70 % dari standar, yang berlaku sekarang. Pembatasan terhadap beban kendaraan berat (truk) perlu dilakukan terhadap jembatan seperti diatas. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk memperkuat jembatan lama adalah dengan sistem ''External Prestressing''. Beberapa keuntungan dari pemakaian sistem ini adalah ; perk uatan ini dapat dilaksanakan tanpa mengganggu lalu-lintas, relatif mudah dan cepat dalam pelaksanaan, ekonomis, efisien dan dapat diterapkan pada berbagai tipe jembatan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemanfaatan "External Prestressing"en_US
dc.subjectPerkuatan Jembatan Beton Lamaen_US
dc.titlePemanfaatan "External Prestressing" untuk Perkuatan Jembatan Beton Lamaen_US
dc.Identifier.NIM92310074
dc.Identifier.NIM92310232


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record