Pemanfaatan "External Prestressing" untuk Perkuatan Jembatan Beton Lama
Abstract
Terdapat lebih kurang 25.000 jernbatan dan bangunan pelintas lainnya pada jalan-jalan Nasional/Propinsi di Indonesia, dan lebih dari 60.000 jembatan lagi terletak pada jalan Kabupaten/Kotarnadya atau pada jalan lokal lainnya. Beberapa diantara jembatan tersebut tua, sempit dan direncanakan untuk lalu lintas ringan. Sebagian yang lain, karena suatu alasan tidak mampu mernikul beban sesuai dengan standar pembebanan yang berlaku sekarang. Hal ini terjadi pada jembatan-jembatan yang dibangun sebelum tahun 1985 dirnana jembatan di ijinkan dibangun dengan berdasarkan pembebanan 50 % dan 70 % dari standar, yang berlaku sekarang. Pembatasan terhadap beban kendaraan berat (truk) perlu dilakukan terhadap jembatan seperti diatas.
Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk memperkuat jembatan lama adalah dengan sistem ''External Prestressing''. Beberapa keuntungan dari pemakaian sistem ini adalah ; perk uatan ini dapat dilaksanakan tanpa mengganggu lalu-lintas, relatif mudah dan cepat dalam pelaksanaan, ekonomis, efisien dan dapat diterapkan pada berbagai tipe jembatan.
Collections
- Civil Engineering [4192]