Cost Behavior Analysis: The Stickiness of Selling, General, and Administrative Cost. An Empirical Study on Indonesian Manufactu ring Companies Listed in Jakarta Stock Exchange
Abstract
Persada, Iman. Cost Behavior Analysis: The stickiness of Selling. General, and Administrative Cost. An Empirical Study on Indonesian Manufacturing Companies Listed in Jakarta Stock Exchange. (2006). International Program. Faculty of Economics. Islamic University oflndonesia.
Asumsi dasar dalam akumtansi biaya adalah hubungan antara kos dan volume adalah simetris untuk setiap kenaikan dan penurunan volume. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mencari tahu apakah biaya berperilaku sticky - yaitu, apakah kos bertambah lebih besar sewaktu aktivitas meningkat daripada ketika kos berkurang sewaktu aktivitas menurun pada jumlah yang sama. Peneliti menemukan, untuk 127 perusahaan manufaktur pada periode 1991-1996 dan untuk 160 perusahaan manufaktur pada periode 1998-2004, bahwa kos pemasaran, administrasi, dan umum (PAU) naik sebesar 0.69% per 1% kenaikan pada pendapatan penjualan untuk periode 1991-1996 dan naik sebesar 0.52% per 1% kenaikan pada pendapatan penjualan untuk periode 1998-2004 tapi hanya turun sebesar 0.29% dan 0.33% per 1% penurunan pada pendapatan penjualan, secara berurutan. Analisa peneliti membandingkan model tradisional perilaku kos dimana kos bergerak secara proporsional bersama perubahan aktivitas dengan model alternatif dimana sticky costs berlaku karena manajer secara sengaja menyesuaikan sumber daya yang dimiliki dengan aktivitas. Peneliti juga menguji hipotesa tentang perangkat dari sticky costs dan bagaimana derajat perilaku sticky costs bervariasi dengan keadaan perusahan.
Collections
- Akuntansi [4414]