Analisis Pengaruh Keadilan Kantor Pajak Terhadap Kepuasan dan Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Yogya II Jalan Kyai Mojo Yogyakarta
Abstract
Dalam perkembangannnya, badan pajak atau badan perpajakan dituntut profesionalismenya dalam pelayanan demi terciptanya kepuasaan dan juga kepatuhan Wajib Pajak (WP). Tingkat kepuasaan dan kepatuhan akan sangat berpengaruh sekali terutama didalam intensifikasi pajak serta target yang ingin dicapai oleh pemerintah sctiap tahunnya, hal ini guna memenuhi kebutuhan Rencana Anggaran Pcndapatan dan Bclanja Nasional atau disingkat RAPBN, dimana sektor pajak itu sendiri merupakan salah satu sektor utama sumber pendapatan pemerintah untulc RAPBN dalam rangka pembiayaan pembangunan. Faktor lain yang dinilai dapat berpengaruh dalam rangka meningkatkan kepuasaan dan kepatuhan setiap WP adalah faktor keadilan, dimana faktor ini akan bcrmuara pada tujuan tercapainya target penerimaan pajak yang ingin dicapai oleh pemerintah.
Banyak faktor yang dinilai berpengaruh dalam hal kepuasaan serta kepatuhan WP. Kepuasaan dapat tercipta ketika setiap WP mendapatkan perasaan keadilan yang sama pada saat transaksi atau selama proses pembayaran di kantor pajak. Kepatuhan dapat tercipta oleh perasaan kepuasaan juga perasaan keadilan yang didapat setiap WP dalam transaksi atau selan1a proses pembayaran di kantor pajak
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut diatas, dapat dilihat bahwa faktor keadilan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam rangka menciptakan kepuasaan dan kepatuhan WP. Maka dari itu penulis tertarik untuk menganalisis pengaruh keadilan kantor pajak II terhadap kepuasaan dan kepatuhan WP yang berada dijalan Kyai mojo Yogyakarta.
Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh WP yang terdaftar di KPP Yogya
II. Sedangkan pengambilan sampel ditentukan dengm1 pendekatan convenience sampling, yaitu memperoleh responden WP yang mudah ditemui di salah satu KPP dan sudah melakulcan transaksi pembayaran pajak. Penulis menggunakan metodc interview (wawancara), survey dengan menggunakan kuesioner dengan mengambil
166 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, analysis jalur (path analysis), regresi, determinan, serta kruskal wallis. Penelitian ini ditinjau dari atribut keadilan yang terdiri dari Distributif, Prosedural dan interaksional
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analiasis jalur atau Path analysis menunjukan bahwa atribut keadilan berpengaruh kepada kepuasan, atribut kepuasaan berpengaruh kepada kepatuhan dan atribut keadilan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan. Untulc analasisi regresi terlihat bahwa pada Hasil Regresi Variebel KepuasanTerhadap Variabel Kepatuhan yang paling berpengaruh adalah variabel kepuasaan prosedural. Sedangkan untuk uji kruskal wallis dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan sikap berdasarkan gender antara pria dan wanita.
Collections
- Economics [2260]