Show simple item record

dc.contributor.advisordrg. Punik Mumpuni W, M.Kes
dc.contributor.authorHuda, Nurul
dc.date.accessioned2021-02-16T00:44:43Z
dc.date.available2021-02-16T00:44:43Z
dc.date.issued2011-10-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/27092
dc.description.abstractSetiap tahun usia mulai merokok semakin muda. Meskipun semua orang tahu akan bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, perilaku merokok tidak pernah surut dan tampaknya merupakan perilaku yang dapat ditolerir oleh masyarakat. Hal ini tampak dalam kehidupan sehari-hari kita di rumah, di jalanjalan, di angkutan umum ataupun di kantor, hampir setiap saat dijumpai dan disaksikan orang yang sedang merokok. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku merokok, salah satunya diduga paparan iklan rokok di media massa baik cetak maupun elektronik. Tujuan: Mengetahui adakah hubungan bermakna antara sikap terhadap paparan iklan rokok dengan perilaku merokok pada siswa putra di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dan instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner. Penelitian dilakukan pada remaja pertengahan (15-18 tahun). Dengan responden penelitian sejumlah 445 siswa dari kelas X, XI, XII SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hasil: Hasil analisis data mengunakan Chi-Square tentang hubungan antara paparan iklan rokok dengan perilaku merokok. Hasil analisis itu menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara sikap terhadap paparan iklan rokok dan perilaku merokok. Setiap satu unit peningkatan sikap terhadap paparan iklan rokok meningkatkan perilaku merokok sebesar 0.000 unit, peningkatan tersebut secara statistik signifikan (p ≤ 0.05). Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku merokok pada remaja tersebut cenderung dilakukan oleh remaja-remaja yang memiliki sikap negatif terhadap paparan iklan rokok. Kesimpulan: Berdasarkan analisis hasil data, dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, hal ini berarti terdapat hubungan bermakna antara sikap terhadap paparan iklan rokok dengan perilaku merokok pada siswa SMA Muhammdiyah 2 Yogyakarta.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectsiswa SMAen_US
dc.subjectperilaku merokoken_US
dc.subjectiklan rokoken_US
dc.subjectsikapen_US
dc.titleHubungan Sikap Terhadap Paparan Iklan Rokok Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Sma Muhammadiyah 2 Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM07711086


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record