Pengukuran Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berjudul "Pengukuran Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking di Yogyakarta" yang bertujuan untuk meiiguji faktor-fak/or apa saja yang menjadi ukuran tingkat kepuasan para nasabah bank dalam menggunakan layanan internet banking di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dasar End-User Computing Satisfaction (EUCS) sebagai dasar penelitian danfokus pada variabel eksternal model EUCS dengan menggunakan variabel-variabel keakuratan, isi, format, kemudahan dalam penggunaan dan ketepatan waktu sebagai dasar untuk mengukur tingkat kepuasan riasabah di Yogyakrata.
Penelitian ini mengambil sampel para nasabah bank yang telah menggunakan internet banking di kota Yogyakarta. Sampel responden diambil dengan menggiJnakan tekrtik convenience sampling, dari seluruh kuisioner yang tersebar sejumlah 140, yang dapat kembali dan diolah sebanyak 116 sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program LISREL versi 8.72.
Dati Zima hipotesis yang diujikan pada penelitiari irii, kelima hipotesis tersebut terbukti. Kelima hipotesis tersebut yakni bahwa Persepsi keakuratan, isi, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu berhubungan positif dengan tingkat kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan internet banking. Hal ini menunjukkan bahwa kelima hipotesis tersebut mendukung teori EUCS yang menyatakan bahwa kepuasan nasabah dipengaruhi oleh keakuratan, isi,
format, kemudahan penggunaan dan ketepatan waktu dari layanan internet banking.
Collections
- Akuntansi [4402]