Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di DIY
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur dngan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur dengan nilai mata kuliah yaitu Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Auditing, dan Teori Akuntansi yang dijadikan tolak ukur keberhasilan meraih kesuksesan belajar di perguruan tinggi.
Data yang digunakan adalah kuesioner dengan pengukuran skala likert. Alat analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan tidak adanya pengaruh yang berarti antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Collections
- Akuntansi [4403]