Kebijakan Diversifikasi Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di BEJ Tahun 2006-2007
Abstract
Strategi Diversifikasi dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan nilai tambah perusahaan melalui kekuatan persaingan misalnya membagi aktivitas antar unit bisnis, memperluas segmen pasar dan produk yang bermacam-macam, mengalokasikan modal usaha internal secara efisien, sementara strategi fokus perusahaan dilakukan untuk menkonsentrasikan kegiatan perusahaan hanya pada satujenis usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa ada perbedaan nilai antara perusahaan yang melakukan kebijakan fokus dan perusahaan yang melakukan kebijakan diversifikasi, dan untuk mengetahui ada pengaruh diversifikasi terhadap nilai perusahaan, serta pengaruh variabel leverage, ukuran perusahaan, umur, dan Earning Growth.
Objek Penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ selain perusahaan manufaktur yang memiliki segmen dalam bidang keuangar, karena memiliki kebijakan leverage sendiri. Data yang digunak:an adalah laporan keuangan tahun 2006-2007. Pengujian statistik menggunakan program SPSS 11.0 Dari basil uji statistik diperoleh bahwa terdapat perbedaan nilai perusahaan diversifikasi dan fokus, dimana nilai perusahaan diversifikasi lebih besar dibandingkan perusahaan fokus. Dan diversifikasi memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaaan, leverage, ukuran,dummy segmen usaha juga memi hk_; pengaruh sedangkan untuk umur dan earning growth tidak terdapat pengaruh wrn•
signifikan.
Collections
- Akuntansi [4403]