Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pengadopsian Mobile Banking Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berjudul "Faktor-Faktor yang mempengaruhi perilaku pengadopsian Mobile Banking di Yogyakarta" yang bertujuan untuk menguji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi para nasabah bank dalam mengadopsi atau menggunakan layanan mobile banking di Indonesia. Penelitian ini fokus terhadap variabel Resiko (Perceived Risk), Manfaat (Percived Usefulnes!:i), Kepercayaan (Trust), Daya Tarik Visual, Struktur Navigasi, dalam pengadopsian mobile banking dengan memodifzkasi konsep Technology Acceptance Model (TAM). Dalam penelitian ini mengenalkan variabel Daya Tarik Visual, Struktur Navigasi dan empat variabel moderat yang terdiri dari masculinity/femininity, individualis,/collectivism, power distance, uncertainty avoidance.
Penelitian ini mengambil sampel para nasabah bank yang telah menggunakan mobile banking di Ygyakarta. Sampel responden diambil dengan menggunakan teknik sampling aksidental, dart seluruh kuisioner yang tersebar sejumlah 300, yang dapat kembali dan diolah sebanyak 260 sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program AMOS versi 7.0.
Dari sepuluh hipotesis yang diujikan pada penelitian ini empat diantaranya tidak terbukti. Hipotesis yang tidak terbukti tersebut menunjukkan bahwa ada beberapa variabel yang tidak mempengaruhi perilaku nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking. Variabel-variabel tersebut adalah resiko, nilai-nila nilai-nilai maskulinisme, dan nila-nilai budaya menghindari ketidakpastian.
Collections
- Akuntansi [4424]