Tingkat Kepuasan Dan Harapan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di PT Unisia Polifarma
Abstract
Dalam perkembangan masyarakat yang semakin kritis, maka
kualitas pelayanan akan menjadi sorotan apalagi untuk pelayanan sekarang ini tidak
hanya pelayanan medis semata. Quality Assurance atau menjaga kualitas masih
merupakan hal yang baru di Indonesia, dan rumah sakit baru mulai secara konsep
menangkap hal ini, tetapi pelaksanaannya timbul tenggelam, sebab tanpa
kesungguhan akan semakin tertinggal jauh. Ukuran keberhasilan penyelenggaraan
pelayanan ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan penerima
pelayanan dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan
yang dibutuhkan dan diharapkan.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan dan harapan
pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di PT. UNISIA POLIFARMA.
Metode : Metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional, menggunakan
kuisioner dan populasi yang digunakan adalah keluarga besar UII warga masyarakat
di sekitar PT. UNISIA POLIFARMA dan yang menggunakan jasa pelayanan
sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh dibandingkan dan dlihat selisih antara
persepsi dan harapan, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan.
Hasil : Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di PT. UNISIA POLIFARMA,
sebesar 91,64%. Kepuasan tertinggi pada dimensi kualitas assurance (92,61%) dan
kepuasan terendah pada dimensi emphaty (90,72%). Sedangkan distribusi persepsi
terhadap pelayanan terbesar adalah puas (42,69%), sangat puas (35,83%), cukup
(17,84%), tidak puas (2,73%), sangat tidak puas (0,56%).
Kata kunci : Tingkat Kepuasan, Persepsi Pasien, Harapan Pasien.
Keyword: Satisfication level, Perception of Patient, Expectation of Patient.
Kesimpulan : Tingkat kepuasan pasien PT. UNISIA POLIFARMA menunjukkan
responden belum puas terhadap pelayanan yang diberikan karena masih terdapat gap
atau perbedaan, untuk total skore diurutkan dari kepuasan tertinggi sampai terendah
pada dimensi assurance, reliability, responsiveness, tangibles,emphaty
Collections
- Medical Education [2279]