Analisis Statistik Tentang Pengaruh Daerah Pemasaran Dan Jenis Produk Terhadap Volume Penjualan Batik Di Perusahaan Batik Tribuwana & Nusa Indah Jogjakarta
Abstract
Analisis Variansi adalah suatu proses aritmetik untuk membagijumlah
kuadrat total ke dalam komponen-komponen terkait dengan sumber keragaman.
Berdasarkan hasil analisis variansi duaarah dengan pengamatan k = 3 per sel pada
volume penjualan batik di perusahaan batik Tribuwana & Nusa Indah Jogjakarta
dengan data yang diambil adalah data tentang jenis produk (sprei, jarik, taplak
tamu, taplak makan, dan daster) dan daerah pemasaran (toko Margariya, toko
Luwes, toko Juwita, toko Janoko, toko Terang Bulan, dan pasar Beringharjo)
diperoleh hasil bahwa ada interaksi antara jenis produk dan daerah pemasaran
terhadap volume penjualan batik di kota Jogjakarta, sehingga dilakukan uji
perbandingan ganda Duncan untuk mengetahui perbedaan diantara semua
pasangan perlakuan yang mungkin tanpa memperhatikan jumlah perlakuan yang
ada dari percobaan.
Karena ada perbedaan pengaruh dari faktor jenis produk dan faktor
daerah pemasaran di kota Jogjakarta, maka dilakukan uji perbandingan ganda
Tukey untuk membandingkan mean diantara jenis produk dan daerah pemasaran
di kota Jogjakarta. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa untuk jenis
produk dari tahun 2000-2002 yang mempunyai tingkat penjualan tertinggi adalah
jenis produk jarik. Sedangkan, untuk daerah pemasaran di kota Jogjakarta dari
tahun 2000-2002 yang mempunyai tingkat penjualan tertinggi adalah toko di pasar
Beringharjo.
Collections
- Statistics [906]